Rabu, 09 Mei 2018

Magang OJK KR3 Jawa Tengah dan DIY, GAYENG!!!

PENGALAMAN MAGANG DI KANTOR REGIONAL 3 OJK JAWA TENGAH DAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA YANG BERTEMPAT DI SEMARANG😊

Pada tanggal 4 April s.d. 1 Mei 2018, saya berkesempatan untuk menjadi salah satu peserta program magang dengan penempatan di Kantor Regional 3 OJK Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang bertempat di Semarang yang beralamat Kantor Regional 3 di Jl. Kyai Saleh Nomor 12-14, Semarang. Sedikit bercerita, nama saya Kurnia Karimah mahasiswi IAIN Salatiga, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam tahun 2014. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah lembaga Negara yang dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 21 Tahun 2011 yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan baik di sektor perbankan, pasar modal, dan sektor jasa keuangan non-bank seperti Asuransi, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan lainnya. Setiap bulannya, Regional 3 OJK Jawa Tengah membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk merasakan suasana kerja di Kantor Regional 3 OJK Jawa Tengah.
Sebelum bercerita lebih lanjut, saya akan bercerita mengenai pengalaman saya mulai awal seleksi hingga saya menyelesaikan program ini dengan cukup baik. Berawal dari rasa ketertarikan untuk mencari pengalaman dan rasa ingin tahu yang tinggi tentang pengawasan yang dilakukan oleh OJK, pada bulan Maret 2018 akhir saya mencoba untuk mendaftarkan CV dan proposal magang saya melalui email ke OJK Pusat Jakarta untuk ditempatkan di Kantor Regional 3 OJK Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang bertempat di Semarang. Sejujurnya, saya tidak meletakkan banyak harapan pada proses ini, hal ini dikarenakan pada bulan September 2017 saya sempat mendaftarkan CV saya dan mengajukan proposal magang secara langsung ke Kantor OJK Yogyakarta untuk periode bulan Maret sampai bulan April 2018. Namun, sampai pada bulan Maret 2018 akhir, tidak ada kepastian proposal yang saya ajukan. Namun, tidak disangka-sangka, saya mendapatkan notifikasi via email bahwa permohonan untuk Program PKL di OJK diterima untuk periode 4 April s.d. 1 Mei 2018 dengan penempatan di Kantor Regional 3 OJK Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang bertempat di Semarang yang beralamat Kantor Regional 3 di Jl. Kyai Saleh Nomor 12-14 Semarang. PIC untuk program magang di Kantor Regional 3 yaitu Bapak Robi Setiawan.
Saya kemudian diharuskan untuk datang mengikuti ujian pre-test dihari pertama magang. Disitu juga kami diberikan kesempatan untuk memilih bagian yang kami inginkan. Dengan kemampuan seadanya dan tanpa persiapan, saya akhirnya mengikuti pr-test tersebut. Materinya meliputi pengetahuan tentang Otoritas Jasa Keuangan secara umum. Sebelum ditempatkan pada bagian masing masing, kami diberi materi tentang OJK. Kesempatan ini sangat membantu kami untuk lebih memahami tentang OJK. Pada minggu pertama, saya di tempatkan dibagian Pengawasan Bank Perkreditan Rakyat, yang terletak di lantai 2. Sementara teman-teman saya lainnya tersebar ditempatkan di bagian EPK dan Administrasi SDM. Pada minggu kedua, saya pindah ke pengawasan perbankan syariah yaitu Bank Perkreditan Rakyat Syariah di Jawa Tengah. Begitu pula dengan teman teman saya lainnya dipindahkan ke bagian lain. Terakhir pada minggu ketiga, saya dipindahkan ke pengawasan Pengawasan IKNB (Indutri Keuangan Non Bank).
Untuk daily working, saya banyak dilibatkan untuk dapat memahami tingkat kesehatan suatu bank. Bagian saya memiliki fokus pada pengawasan perbankan konvensional yaitu Bank Perkreditan Rakyat sehingga saya sedikit lebih memahami analisis tingkat kesehatan perbankan. Banyak kebiasaan cukup menarik yang biasa dilakukan oleh Kantor Regional 3 OJK Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang bertempat di Semarang untuk mendukung suasana kerja yang kondusif, yakni meeting, melakukan pengawasan dengan turun langsung ke lapangan untuk melihat fakta, sharing session bagian untuk menambah wawasan, sholat berjamaah dzuhur dan ashar, rutinan ceramah setelah solat ashar dan senam setiap hari Jumat pagi. Saya banyak belajar dari segi softskill setiap harinya. Inisiatif tinggi dan pola pikir kritis adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan dan sangat mempengaruhi performa kita dimata orang-orang sekeliling kita.
Terakhir, saya membuat project untuk membuat laporan PKL. Setelah selesai, saya kemudian diminta untuk melakukan persentasi laporan pertanggung jawaban magang di depan Kepala Bagian Administrasi Bapak Bambang Triono, Kepala Subbagian Administrasi Organisasi dan SDM Bapak Eka Budi Kurniawan, dan Staf Administrasi Kesekretariatan dan Kelogistikan Bapak Ricky Hidayat serta PIC Baoak Robi Setiawan. Dalam persentasi tersebut, saya lebih banyak ditanya mengenai apa yang saya rasakan selama beraktivitas di Kantor Regional 3 OJK Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang bertempat di Semarang dan apakah hal tersebut sudah memenuhi ekspektasi atau belum.
Pengalaman magang di Kantor Regional 3 OJK Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang bertempat di Semarang merupakan salah satu pengalaman terbaik di dalam hidup saya. Dengan magang, pikiran saya lebih terbuka, semangat saya lebih membara, dan cita-cita saya menjadi lebih tinggi. Meskipun dalam perjalanannya tidak selalu mulus dan menyenangkan, magang mampu membuat saya mengenal dunia kerja dengan lebih baik dan melatih saya untuk siap memasuki dunia kerja yang kelak akan kita hadapi bersama. Satu hal yang ingin saya tekankan, Jangan pernah meremehkan kemampuan dirimu. Ketika kamu memiliki kesempatan, maka gunakanlah. Ketika kamu telah yakin akan suatu hal, maka tekunilah dengan baik. Dan ketika kemudian kamu diberikan kepercayaan, maka berusahalah dengan menunjukkan versi terbaik dirimu. Tetap bersyukur dan selalu rendah hati.


Gambar 3. Penyambutan oleh Bapak Bambang Triono selaku Kepala Bagian Administrasi dan Bapak Eka Budi Kurniawan selaku Kepala Subbagian Administrasi Organisasi dan SDM 


Gambar 2. Pemberian materi oleh Bapak Moh. Rizal S

Gambar 4. Hall 

Gambar 5. Dua teman magang saya, sebelah kiri Yofaning Tiyas W mahasiswi IAIN Salatiga dan sebelahnya Rahma Asriyani mahasiswi Universitas Diponegoro

Gambar 6. Presentasi laporan pertanggung jawaban magang

Gambar 7. Presentasi laporan pertanggung jawaban magang

Ganbar 8. Foto bersama staf bagian Administrasi

Gambar 9. Penyerahan kenang-kenangan berupa plakat

Gambar 10. Plakat

Gambar 11. Foto bersama staf OJK KR 3 Jawa Tengah dan DIY dan Agus Martowardojo (Gubernur BI) 

8 komentar:

  1. Good job nia.semoga sukses selalu..

    BalasHapus
  2. Amiinnn terimakasihh banyak pak Eka

    BalasHapus
  3. assalamu'alaikum, perkenalkan sy syifaa dr jogja mbak. Apa boleh sy minta contoh proposal pengajuan magang di ojk?

    BalasHapus
  4. assalamualaikum kak syarat magang di ojk gmana ya kak

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Assalamu'alaikum mbak, saya mau nanya. Untuk proposal dll itu dikirim ke ojk pusat ya? Alamatnya apa ya mbak?
    Itu mbak ngirimnya hanya lewat via e-mail saja? Thank u!😊

    BalasHapus
  7. kak apa boleh minta contoh proposal magang?

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum, permisi mengganggu waktunya kak, saya berniat untuk magang di OJK Yogyakarta, bolehkah saya meminta email kakak untuk keperluan tanya lebih lanjut? terima kasih

    BalasHapus

Magang OJK KR3 Jawa Tengah dan DIY, GAYENG!!!

PENGALAMAN MAGANG DI KANTOR REGIONAL 3 OJK JAWA TENGAH DAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA YANG BERTEMPAT DI SEMARANG😊 Pada tanggal 4 Apri...